Sejarah baritokualakab.go.id 2008-2018 (1)

Setelah membaca medium.com, khususnya kisah blibli.com yang menceritakan sejarah front end dan back end mereka, saya jadi pengen ikut-ikutan bercerita juga. Tapi ingat, tidak ada hal yang canggih yang saya ceritakan disini, karena eh karena saya juga bekerja biasa-biasa saja, dengan tool gratisan, tanpa ada usaha tweaking berlebihan karena segitulah kemampuan saya wakwkakwaw. And..sejarah bermula disini …

2007-2008. cerita bermula ketika Pilkada langsung di Barito Kuala memilih H. Hasanuddin Murad dan Sukardi menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala, menggantikan Eddy Sukarma-Hatta Mazani yang menjabat 2002-2007. Tahun 2008 terpilihlah seorang Ir.Supriyono, yang sebelumnya dari Dinas Kehutanan, lalu jadi Kepala Bappeda Batola, hingga akhirnya menjadi Sekretaris Daerah di Kabupaten Barito Kuala hingga detik ini.

Menurut sejarahnya, yang diriwayatkan oleh Bp Sabirin, S.Sos, guru kami semasa PKL Mahasiswa TKJ (Jardiknas-BPKLN Depdiknas 2006-2009) semasa Ir. Supriyono di bappeda, sewaktu internet belum begitu fenomenal, Kabupaten Barito Kuala telah memiliki laman website resmi dengan domain http://www.baritokuala.go.id, kabarnya dibangun murni dari HTML. Saya sempat mengakses laman tersebut sebelum tewas wkakwkawkaw.

Karena Ir. Supriyono tahu dan mengetahui tentang laman tersebut, maka ketika beliau menjadi Sekda, laman tersebut ingin dihidupkan kembali. Saya tidak berada di Marabahan ketika proses awal ini terjadi, saat itu saya dan Habibie ditugaskan alm Pak Eko sebagai engineer projek SPRI Ditjen Imigrasi – Depkumham di site Kanim Kelas 1 Banjarmasin dan Kanim Kotabaru.

Tim yang ada di Marabahan tinggal Alm Pak Eko, Pa Birin, Zubay, Arya, Heri Sby, Heri Kurus dan Anto. Atas kerjakeras tim di Marabahan, web tersebut lahir dengan domain baru, http://www.baritokualakab.go.id. (capture web archive 10-12-2008)

Dari awal hingga sekarang, web tersebut masih berada di IIX dengan menyewa salah satu penyedia layanan hosting Indonesia. Dulu (dan mungkin hingga 2015) masih bersifat shared hosting. Saya tidak punya data pasti kapan berubah menjadi VPS di penyedia yang sama, kemungkinan setelah berpindahnya pengelolaan website dari Seksi Sistem Informasi di Bappeda ke Bidang Kominfo di Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informatika sekitar tahun 2013, terjadi perubahan tersebut. Pa Ichwan Hakim, Pa Irfan Rachmady dan Donny adalah 3 serangkai yang menyambut berpindahnya pengelolaan dari Pa Away di Bappeda masa itu.

Dalam masa awalnya 2008, baritokualakab.go.id dibangun dengan menggunakan content management system alias CMS sejuta ummat yaitu Joomla 1.0. Perjalanan penggunaan Joomla cukup panjang dan berakhir di 2017 setelah versi 7 menggunakan WordPress. Perjalana perubahan ini akan diceritakan pada bagian kedua karena malam ini saya sudah mengantuk. wkwkakwkawkakw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.