Diary hari ke-1 : Mendesain Web

Pelajaran pertama yang disampaikan adalah materi tentang MENDESAIN. Dalam sebuah proses pembuatan website, ada 3 (tiga) lingkaran yang terkait, yaitu DESIGN WEB, FRONT END Development, dan BACK END Development. Meskipun dalam kenyataannya kita terbiasa dengan yang namanya Full Stack Developer, alias kerja sendiri depan belakang atas bawah. Semestinya dalam proses bisnis yang benar dan yang profesional itu 3 lingkaran ini harus diisi oleh otak yang berbeda pula. Karena Design web itu lebih pada sisi User Interface atau tampilan yang tentu saja harus juga memperhatikan User Experience atau pengalaman kemudahan para pengunjungnya.
Apa saja langkah-langkah awal mendesign sebuah web? secara garis besar ada 6 hal yang patut diperhatikan yaitu :

  1. Identifikasi Tujuan
  2. membuat Topik / Daftar Konten
  3. Mengatur Kumpulan Konten dengan logis
  4. Mengatur Struktur Halaman
  5. Ubah konsep kehalaman dengan bantuan Desain Grafis
  6. Uji dan Iterasi.

Mari kita bahas satu persatu

  1. Identifikasi tujuan artinya kita mencari tahu sasaran sebuah situs. Apakah penyampaian informasi, penyampaian data, atau jualan, atau iklan layanan, atau rekrutmen, atau juga komunitas. Penting untuk mencari info sejelas-jelasnya kepada pembuat kerja, baik client atau atasan agar tidak salah dalam membuat designnya.
  2. Membuat Daftar Topik itu seperti membuat site maps. Dengan merancang topik-topik yang akan dimunculkan, maka akan mudah dalam melangkah ke poin ke 3 yaitu
  3. Mengatur kumpulan konten dengan logis atau kategorisasi. Kumpulan topik-topik yang kita gali sebelumnya tentu jangan sampai ditampilkan serampangan, mesti ada kategorisasi yang mengumpulkan topik-topik tersebut dalam sebuah bagian besarnya.
  4. Mengatur struktur halaman artinya kita harus mulai meraba-raba bentuknya akan seperti apa dan kemudian sketsanya dilanjutkan ke poin ke 5 yaitu
  5. Ubah konsep kehalaman dengan bantuan Desain Grafis misalnya photoshop atau sejenisnya.
  6. Hal terakhir yang jangan sampai lupa adalah di Uji dan Iterasi artinya setelah digunakan bagaimana tanggapan para pengguna atau pengunjung atas design tersebut, jika masih ada yang kurang makan patutlah di kembangkan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.