Tipe X, salah satu band beraliran SKA yang masih “hidup”

Berkendara saban hari banjarmasin-marabahan PP tentu kadang-kadang saya merasa sepi. Salah satu teman pembunuh sepi hanyalah alunan musik dari pemutar musik di mobil. Selera saya memang berubah-rubah, kadang suka india, kadang suka malaysia, kadang suka sekali lagu-lagu shalawat dan qasidahan, tapi dalam beberapa minggu ini saya suka memutar lagu-lagu lawas dari band beraliran SKA yaitu TIPE-X.

Alunan lagu semacam salam rindu, selamat jalan, dll tentunya sangat enak di telinga, apalagi iramanya yang membuat semangat sehingga bisa menghilangkan kantuk dijalan wkakwkawkaw. Penasaran tentang band ini akhirnya saya coba-coba browsing profile mereka di internet, eh rupanya mereka masih aktf bikin album sampai tahun 2012 silam, saat jaman-jamannya boyband merajalela di indonesia wkakwakw.

Tipe-X dibentuk pada September tahun 1995, semula kelompok ini menggunakan nama Headmaster sebagai nama band, namun mereka akhirnya memilih nama tipe-X karena untuk memudahkan orang mengingat. Grup ini beranggotakan Tresno (Vokal), Micky (Bass), Yoss (Gitar), Billy (Gitar), Arie (Drum) dan Anto (Trombone). Semula mereka memainkan lagu – lagu grup luar seperti Voodoo Glow Skull, Operation Ivy & mighty-mighty bosstone, namun akhirnya mereka mengganti dengan membawakan lagu-lagu ciptaan mereka sendiri.

Festival – festival musik hingga panggung – panggung underground di Jakarta & sekitarnya mereka jajal, Mereka juga pernah menjadi salah satu juara favorit Festival Musik Alternatif di Menteng tahun 1995. Mereka akhirnya membuat beberapa demo lagu, lalu tipe-X berinisiatif mengirimkan demo lagu `Frustasi` ke acara Ekspresi Indosiar dan ditayangkan. Mereka juga mengirimkan demo lagu Bebas Pusing ke acara IndieLapan radio Prambors dan masuk peringkat lima. Setelah itu tawaran manggung pun semakin banyak.

Ketika lagu – lagu ciptaan mereka sudah terekam sekitar 10 lagu, tipe-X pun mulai mencoba memasukkan demo lagu ke major label. Mereka ingin menawarkan konsep SKA versi tipe-X dan rencananya jika tidak diterima, mereka akan menempuh jalan Indie Label. Mereka tidak menyangka musik tipe-X akhirnya tembus juga ke industri rekaman pada awal akhir dekade 90an.

Untuk memperbaiki kualitas debut album tipe-X mengaransemen kembali beberapa lagu – lagu yang pernah mereka bikin, semula mereka menjagokan lagu Frustasi dan Bebas Pusing, ternyata Pops selaku produser lebih memilih lagu Genit yang justru dibikin secara mendadak. Debut album tipe-X berjudul “SKA Phobia” akhirnya Rilis pada bulan Juni 1999 dan beredar dipasaran lewat label rekaman Pops Musik di bawah Aquarius Musikindo selaku distributor. Hingga saat ini tipe-x telah mengeluarkan 6 album, diantaranya: Ska Phobia 1999, Mereka Tak Pernah Mengerti 2001, Super Suprise 2003, Discography Hitam Putih 2005, Album the best A Journey 2007, dan Festival Perasaan 2009 di bawah naungan Michelin Records.

Berbekal pengalaman manis dan pahit mereka, kini Tipe-X merilis single terbaru yang berjudul “Boyband” di bawah bendera OFFBEAT MUSIC INDONESIA sebagai label dan management mereka. Single ini adalah sebuah single pembuka untuk album ke-7 mereka, SEVEN yang dirilis tahun 2012 juga oleh OFFBEAT MUSIC INDONESIA. Tipe-X berharap album terbaru mereka dapat memuaskan kerinduan X-Friends (penggemar Tipe-X) di seluruh Indonesia.

Anggota tetap
Tresno Riadi– vokal (1995-sekarang)
Billy – gitar (1995-sekarang)
Yoss – gitar (1995-sekarang)
Micky – bass (1995-sekarang)
Anto – trombone (1995-sekarang)
Arie Hardjo – drum (2010-sekarang)
Mantan anggota
Hendro – drum (1995–2002)
Aditya Pratama – drum (2002-2008)
Andi Toha – saksofon,terompet (1995-2011)

situs resmi Tipe-X : http://tipe-x.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *