Membangun Website dengan WordPress (1)

Ah, akhirnya tulisan ini saya mulai juga wakwkakwaw. Sebenarnya ini bukan tutorial, cuman karena memang saya hobby untuk mencatat akhirnya ya sudah lah saya buat tulisan berseri tentang bagaimana membuat atau membangun sebuah website dengan engine wordpress dan langsung online di Internet. Selain karena memang saya harus merubah arah dan tujuan dari blog ini untuk menjauh dari hal-hal berbau politik karena adanya Pilkada di Kab. barito Kuala yang amat sangat saya cintai ini, tulisan ini adalah janji saya pada seorang kawan di Sekretariat Negara Republik Indonesia yang me-request tulisan ini wkawkakkwaw. terima kasih pak setneg hahahhhaa.

Sebelum saya menjelaskan step by step, seperti pelajaran disekolah, saya harus menjelaskan terlebih dahulu gambaran umumnya. Apa sih website itu? ya contoh mudah laman sininja.com yang sedang anda baca ini adalah sebuah website. Apa yang harus ada dalam membangun website?

  1. Hosting, hosting itu ibarat tanah buat kita mendirikan rumah. Hosting bisa di sewa silakan googling untuk cari hosting yang cocok, kalau saya biasanya di JETORBIT atau GALUHWEB
  2. Domain, itu seperti alamat rumah, ya alamat website kita nanti, kalau saya kan www.sininja.com nah kalau anda mau carilah terserah anda, yang enak beli domain+hosting jadi gak bingung-bingung lagi. Ok?
  3. Engine atau CMS, ini adalah rangka rumah buat kita membangun rumahnya, kalau dalam tulisan ini saya mau bercerita bagaimana menggunakan engine cms WordPress.

Nah untuk itu nanti pembahasan nya akan saya pisah-pisah per bab supaya jelas wkawkakwaw. Demikian untuk langkah pertama pengenalan gambaran umum, doakan saya bisa menyelesaikan tulisan berseri ini secepatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *