Workshop e-Dupak bagi Pejabat Fungsional Pranata Komputer

Senin, 28 November 2016 di Aula H.Maksid Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi kalimantan Selatan telah dilaksanakan workshop Tata Cara Pembuatan Pelaporan Jabatan Fungsional Pranata Komputer melalui aplikasi E-Dupak. Workshop ini dihadiri oleh para pejabat fungsional pranata komputer dari ASN dilingkup Pemprov Kalsel, dan 13 Kab/Kota se Kalimantan Selatan. Acara dibuka oleh Bapak Kurnadiansyah, S.Sos selaku plt Kepala Biro Humas Setdaprov Kalsel dan narasumber dari tim penilai AK Prakom Bpk Satyawirawan dan developer aplikasi Bpk Rifqie Rusyadi.

Beberapa hal penting yang berkaitan dengan penilaian angka kredit Pranata Komputer yang disampaikan oleh tim penilai AK adalah sebagai berikut :

  • Penilaian Angka Kredit untuk pengangkatan pertama sebagai Pejabat Fungsional Pranata Komputer nantinya akan dikeluarkan oleh BPS, namun pengusulannya tetap melewati Tim Penilai Pemprov Kalsel.
  • Sehubungan dengan PP 18 Tahun 2016 yang mengatur tentang perangkat daerah maka pada 2017 tim penilai tidak lagi berada dibawah PDE Biro Humas Setdaprov Kalsel namun ada dibawah Diskominfo. Hal ini sesuai aturan bahwa tim penilai berada dibawah Eselon II yang menangani masalah IT. Untuk itu bagi calon prakom yang masih belum menyusun DUPAK untuk menyesuaikan hal ini nantinya.
  • Sehubungan dengan banyaknya prakom yang ada di kalimantan selatan maka direncanakan pada 2017 nanti akan diadakan sertifikasi penilai AK Prakom sehingga dapat membantu tim penilai pemprov untuk pembagian beban penilaian.

Sedangkan pada penyampaian materi e-Dupak Prakom, berikut adalah poin-poin yang dapat dirangkum

  • Aplikasi e-Dupak Pranata Komputer Kalimantan Selatan dapat diakses di alamat http://e-dupak.kalselprov.go.id
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar dengan mengisi form pendaftaran yang ada
  • Selanjutnya pendaftaran akan di verifikasi oleh pengelola/administrator baru disetujui, apabila sudah di setujui maka akan ada notifikasi di email pendaftar.
  • Prakom yang sudah disetujui pendaftarannya baru bisa login di sistem.
  • Dalam aplikasi e-dupak prakom ini dapat berkomunikasi dengan tim penilai melalui fasilitas konsultasi
  • Pengajuan dupak dapat dilakukan dengan mengirim softcopy dari bukti-bukti dukung pengajuan dupak yang biasa dikerjakan sebagaimana sebelumnya.

Demikianlah laporan perjalanan dinas ini disampaikan untuk dapat diketahui sebagaimana mestinya.

wakwkakwakwkaw. itu adalah laporan perjalanan dinas saya sesuai dengan Surat Tugas Nomor 094/190/XI/BKD/2016 tanggal 23 November 2016 berdasarkan Surat Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 489/393/HUMAS tanggal 22 November 2016 perihal Undangan Workshop.

Sebenarnya saya berfikir aplikasi e-dupak ini mirip-mirip sama simda keuangan yang biasa saya kerjakan selama ini. Saya kira ada form-form untuk mengisi kegiatan nanti hasilnya muncul nilai-nilai AK nya otomatis wkawkakwa. Tapi kalau dipikir-pikir rumit sekali aplikasinya karena pekerjaan yang dapat dimasukkan dalam Dupak saja sulit sekali memilah dan memilihnya wkakwakwkaw.

Alhamdulillah dengan adanya aplikasi e-Dupak ini memudahkan sekali bagi prakom-prakom yang jauh dari kantor setdaprov untuk berkonsultasi serta mengantar usul beserta bukti dukungnya. Setidaknya segi waktu dan jarak sudah tidak ada lagi karena file-filenya bisa di upload dan dikirim lewat aplikasi e-dupak ini saja.

Sekarang tinggal tugas saya menyusun lanjutan dupak setelah pengangkatan pertama kemaren biar bisa naik pangkat wkawkakwkaw. Salam prakom

 

2 thoughts on “Workshop e-Dupak bagi Pejabat Fungsional Pranata Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *