Tips Mudik untuk Keluarga Kecil

20160703_110319Aktiftas mudik tentu sangat dinanti-nantikan menjelang berakhirnya bulan ramadhan. Berlebaran bersama sanak famili di kampung halaman tentunya adalah sebuah kebahagiaan dan kebanggan. Bertemu dengan keluarga besar yang terpisah jarak dan waktu tentu amat menyenangkan. Namun kadang kala aktivitas mudik malah bisa jadi tidak menyenangkan apabila banyak halangan dan rintangan di jalan, apalagi yang namanya macet, tentu amat sangat kita benci. Nah, apa sih tips n trick biar mudiknya menyenangkan khususnya buat keluarga kecil? cek this out

1. Bersihkan Kendraan anda
20160705_071321Kendaraan yang akan kita gunakan untuk mudik tentunya harus bersih, bukan cuma soal tampilan, melainkan untuk kenyamanan kita juga. Apabila menggunakan mobil, pastinya exterior dan interior yang bersih akan membuat kita nyaman dalam menyetir serta bagi penumpangnya.

2. Pastikan kendaraan anda prima
Perjalanan mudik yang lumayan jauh tentu memerlukan kendaraan yang prima, hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk memastikan kendaraan prima adalah dengan mengetes kelistikan, lampu-lampu, bahan bakar terisi, pelumas yang sudah diganti secara berkala juga pastikan ban serep atau ban cadangan siap digunakan.

3. Atur muatan anda
20160703_110340Langkah selanjutnya adalah mengatur muatan di kendaraan anda. Biasanya mobil-mobil yang dipakai harian membawa beragam benda-benda. Pilah dan pilih lah mana yang terpakai dan tidak. Seperti saya yang kebiasaan membawa sandal dan sepatu cadangan dibagasi mobil, maka tentu hal ini cuma bikin penuh, oleh karena itu hal-hal seperti ini baiknya dikeluarkan agar barang bawaan buat mudik bisa tersusun rapi.

4. Ciptakan “kamar” untuk anak
20160705_141252Nah, buat keluarga kecil yang punya anak balita pastinya perlu persiapan extra untuk melakukan mudik. Salah satu solusinya biar anak kita betah selama dalam perjalan adalah membuat “kamar” untuk anak. Misalnya menggunakan matras mobil yang sekarang banyak dijual.

5. Siapkan Film-film terbaru untuk dijalan
syamildodoNah, untuk kenyamanan penumpang, sebaiknya kita juga menyiapkan film-film baru untuk teman diperjalanan. Hal ini baik juga buat anak biar dia tennag diperjalanan. Dengan film-film baru di perangkat mobil kita, setidaknya anak tidak mudah bosan. Tapi harus diingat, film-filmnya yang sesuai dengan anak, jangan film yang tidak lulus sensor hehehehe

6. Siapkan “ransum” untuk di jalan
Perjalanan yang jauh juga pastinya bikin lapar. Untuk itu kia harus menyiapkan makanan yang cukup untuk diperjalanan. Walaupun cuma snack-snack saja, setidaknya cukup untuk mengganjal selama dijalan. Singgah di warung-warung pinggur jalan tentu merepotkan apalagi kalau macet, makanya lebih baik siapkan dari rumah.

7. Atur jadwal mudik dan balik yang anti mainstream
Mengikuti kebiasaan orang banyak dalam arus mudik dan arus balik tentu sangat beresiko macet. perhatikan jadwal arus mudik dan arus balik di TV dan koran. Cek kebiasaan beberapa tahun sebelumnya untuk menentukan pola perjalanan, jadi kita bisa mengambil jadwal sendiri yang tidak banyak iring-iringannya.
Contohnya saja mudik ke wilayah hulu sungai di Kalimantan Selatan. Beberapa tahun sebelumnya kami mudik H+1 dari lebaran. Dan kembali pada H+3.
Selama 2 tahun dengan pola ini kami selalu terjebak macet di wilayah Kota Martapura, Astambul dan Binuang. Akhirnya kami coba merubah pola perjalanan tahun ini dengan mudik pada H-1 dan Balik pada H+1, alhamdulillah bebas macet, karena yang macet arah sebaliknya. hahahhha.

Demikianlah beberapa tips untuk menghadapi aktifitas arus mudik dan arus balik. Semoga dengan beberapa tips n trick ini akan membantu kenyamanan anda diperjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *