Mengintip Feri Penyeberangan Sungai Gampa dimasa kini

feri sungai gampaHari sabtu kemaren, kami sekeluarga menyempatkan diri mengunjungi tanah kelahiran saya, desa Barambai, Kecamatan Barambai, Kab. Barito Kuala. Menuju Barambai lewat Marabahan via Jembatan Rumpiang tentu saja lumayan jauh memutar, akhirnya kami memilih untuk lewat jalan klasik, melewati Feri Penyeberangan Sungai Gampa. Seperti apa wujudnya feri penyeberangan sungai gampa sekarang?

Feri penyeberangan sungai gampa, sejak dahulu hingga sekarang tidak berubah wujudnya. Masing-masing dermaga di kedua sisi sungai Barito. Dulu sekali, dengan padatnya volume kendaraan yang melewati penyeberangan sebelum berdirinya jembatan rumpiang, feri penyeberangan untuk roda 2 jumlahnya puluhan, dan untuk roda 4 sempat mencapai 3 buah saking ramainya lalu lintas.

Kini, ketika kami memutuskan untuk mencoba kembali jalur via kapal feri penyeberangan sungai gampa ini, alhamdulillah lumayan masih ramai tak sepi-sepi amat. Meskipun feri untuk sepeda motor tak sebanyak dulu, namun alhamdulillah masih lumayan sibuk melayani penumpang. Sementara untuk feri bagi kendaraan roda 4-nya tinggal 1 yang beroperasi.

Meskipun mobil yang naik cuma 1 buah, kapal feri ini tidak terlalu lama menunggu di dermaga, ditambah 4-5 buah sepeda motor mereka langsung berangkat. Alhamdulillah malah jadi lebih lancar penyeberangannya. Tidak perlu antre lama dan tidak perlu menunggu lama untuk menyeberang. Tarif untuk 1 buah mobil berkisar antara 20-25 ribu rupiah, sementara kalau sepeda motor yang ikut naik di feri tsb ditarik biaya 5 ribu rupiah, entah kalau sepeda motornya naik feri untuk roda 2 juga mungkin harganya juga sekitar itu.

Suatu saat, jika feri penyeberangan ini ramai kembali, walau bukan sebagai transportasi utama, mungkin sebagai wahana perlintasan bagi yang ingin berwisata atau bernostalgia, mudah-mudahan dermaga-nya diperbaiki. Karena dermaganya masih terbuat dari kayu Ulin dan sebagian tampak berlubang-lubang. Sementara untuk feri-nya mudah-mudahan nanti ada bantuan untuk peremajaan armada. Amin.

feri sungai gampa

feri sungai gampa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *