Kereta Api di Marabahan?

keretaapiPernah membayangkan ada Kereta Api di Marabahan? Kalau kereta api jalur Kalimantan memang sudah lumayan sering digaungkan baru-baru ini. Cuma kalau kereta api di Marabahan, sampai pagi rabu, 15 Juni 2016 saya belum pernah membayangkan. Hanya karena mertua saya menunjukkan sebuah iklan pengumuman Amdal di Harian Banjarmasin Post lah yang akhirnya menyadarkan saya, kereta api di Marabahan bakalan benar-benar ada.
Membaca iklan pengumuman amdalnya, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub akan membangun jalur Kereta Api Segmen Marabahan-Anjir Pasar-Banjarmasin dengan lokasi kecamatan yang dilewati adalah sebagai berikut :
Kec. Barambai – Kab. Barito Kuala
Kec, Wanaraya – Kab. Barito Kuala
Kec. Anjir Pasar – Kab. Barito Kuala
Kec. Anjir Muara – Kab. Barito Kuala
Kec. Alalak – Kab. Barito Kuala
Kec. Mandastana – Kab. barito Kuala
Kec. Sungai Tabuk – Kabupaten Banjar
Kec. Lianganggang – Kota Banjarbaru.

Membaca kecamatan-kecamatan yang dilewati khususnya untuk wilayah di Kab. barito Kuala, berarti garis lurusnya adalah dari Barambai langsung ke Wanaraya terus ke Anjir Pasar. Melihat garis ini, berarti rel kereta apinya tidak melewati tepi sungai Barito, seperti jalan yang ada sekarang dari barambai-wanaraya-belawang-anjir. Kalau jalurnya seperti yang direncanakan Kemenhub, saya setuju sekali. Karena jalur tersebut hanya melewati hutan-hutan galam. Kalau mengikuti jalur jalan yang ada selama ini melewati belawang banyak sekali persawahan yang akan dilewati, pastinya malah merugikan karena mengurangi lahan produksi pertanian di Wilayah barito Kuala.

Kalau untuk jalur Anjir Pasar-Anjir Muara-Alalak, artinya rel nya akan melintasi sungai barito seperti jalan trans kalimantan yang harus menyeberang melewati jembatan barito. Saya rasa kemungkinan besarnya akan dibangun jembatan rel kereta api. Entah dimana letaknya, yang pasti harus menyeberang sungai Barito.

Sisanya dari Alalak-Mandastana-Sungai Tabuk-Lianganggang berarti jalurnya kemungkinan tidak jauh beda dengan jalan lingkar Handil bakti-Pal 18 yang ada sekarang, namun mudah-mudahan jangan areal persawahan, areal hutan galam saja yang dijadikan jalur rel kereta api-nya.

So, kalau nanti ada kereta api jalur tersebut, mungkin para PNS yang saban hari bolak balik Banjarmasin-marabahan bakalan beralih ke Kereta Api, naik di handil bakti, lalu turun di barambai, dan naik angkot ke Perkantoran di marabahan.hahahahahhaha…..

User comments
User comments

One thought on “Kereta Api di Marabahan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *