Syarat Dukungan Calon Independen Pilkada Batola 2017

MENUJU BATOLA 1
MENUJU BATOLA 1

MARABAHAN. Saat ini beberapa bakal calon masih sibuk untuk mengikuti penjaringan di berbagai parpol, sebagian besar bahkan sudah mengikuti kegiatan fit and proper test di DPP masing-masing parpol di Jakarta. Lantas bagaimanakah jika bakal calon ini ternyata sebagian tidak mendapatkan perahu parpol dalam laga di pilkada batola 2017? sudah barang tentu satu-satunya jalan adalah lewat jalur Independen alias mengumpulkan KTP warga. Berapakah syarat minimalnya?

Menurut Ketua KPUD barito Kuala, Bapak Nanang Kaderi, syarat minimal untuk dukungan calon perseorang atau independen di Kabupaten Barito Kuala adalah sebanyak 22.486 berkas. Hal ini adalah sesuai dengan PKPU No 3 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa syarat dukungan minimal adalah sebanyak 10% dari Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel 2015 tadi. Adapun jumlah DPT pada saat pilgub kemaren adalah 224.853 orang.

Ketentuan lainnya adalah berkas dukungan tersebut meliputi minimal 9 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di kabupaten Barito Kuala. Selain itu dari untuk sah dinyatakan memenuhi syarat minimal 1 Kecamatan adalah minimal 10% DPT.

Untuk lebih amannya tentu saja sebaiknya setiap bakal calon menyiapkan berkas berlebih, misalnya 25.000 berkas KTP, dengan ketentuan 10 kecamatan punya berkas diatas 11%. Hal ini untuk jaga-jaga kalau ternyata ada berkas yang tidak sah/tidak diakui KPU.

Berkasi ini ditunggu oleh KPUD Kab. Barito Kuala mulai tanggal 06 sampai dengan 10 Agustus 2016 nanti, untuk kemudian menjalani verifikasi administrasi dan faktual. Apabila sudah memenuhi syarat maka dipersilakan mendaftar bersama-sama dengan pasangan lain dari parpol pada 19 sampai 21 September 2016.

Ayo, jangan lama-lama lagi, sembari menunggu hasil dari Fit & Propertest dari Partai Politik alangkah bagusnya sambil bersilaturrahmi dengan masyarakat sambil minta dukungan KTP.

One thought on “Syarat Dukungan Calon Independen Pilkada Batola 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *