Dari Drupal, Joomla, hingga WordPress

Drupal

Ah, iseng-iseng hari ini rasanya pengen flash back mengenai petualangan saya menjelajahi beragam CMS. Mulai ketika berkenalan dengan Drupal, bercinta dengan Joomla hingga akhirnya saya memutuskan hijrah ke wordpress. CMS bagi saya bukanlah sesuatu yang sakral seperti agama, yang “haram” hukumnya untuk berpidah-pindah. CMS seperti politik bagi saya, tidak ada teman abadi, yang ada hanyalah kepentingan pribadi, so, mana yang diperlukan mana yang tidak dapat dipertahankan.
Pada diri saya, berkenalan dengan dunia blog dan website terjadi sekitar akhir 2006. Saat saya diterima kuliah TKJ dalam program Jardiknas. Membuat sebuah email dan blog waktu itu adalah KEWAJIBAN wkawkakwkaw. Yang mau tidak mau bisa tidak bisa saat itu saya harus membuatnya. Blogspot waktu itu seingat saya masih bisa mendaftar dengan akun mail Yahoo. Mungkin karena Google baru beberapa tahun mengakuisisi Blogger.com tersebut dari Pyra Lab, jadi masih fine-fine aja login dengan akun Yahoo. hahahahha.

Ketidakpuasan saya atas tampilan blogspot yang “ngeblog” banget menurut saya, meutuskan saya untuk mencari hati yang lain, yang bisa menampilkan wajah blog saya itu lebih ke-website-website-an. Mindset saya, sebuah website itu haruslah memiliki menu, dan ada sidebar kiri kanan wkawkakwaw. Betapa sempitnya pemahaman saya waktu itu kalau dipikir-pikir sekarang.

Adalah MULTIPLY yang waktu itu booming dikalangan kami mahasiswa TKJ. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah akibat dimultiply ada menu dan ada theme/template yang menyediakan 3 kolom, sidebar kiri, content, sidebar kanan wkawkakwkaw. Jadilah multiply pilihan kami kemudian. Memang saya tidak sempat merasakan era kemunduran multiply karena saya meninggalkan multiply saat masih jaya-jayanya ditahun 2007an. Mungkin anda bisa berkunjung ke Wikipedia tentang bagaimana sejarah kehancuran multiply.

Pertengahan tahun 2007, seorang teman di Banjarbaru mengajak saya untuk hadir disebuah seminar ddengan judul ” Cukup 1 Jam Bikin Website”. Karena  memang ketertarikan saya pada yang namanya website, akhirnya saya memutuskan hadir disana. Acaranya diadakan di Metro Hi-Tech Mall, sebuah Mall legendaris di Banjarmasin, yang hidup pada jaman modern dan mati pula dijaman modern. Metro Hi-Tech mall sekarang tutup setelah Duta Mall lahir di Kota Banjarmasin.

Dari seminar itulah saya bertemu dengan Wendy William. Seorang tokoh Drupal Indonesia, kontibutor pula di komunitas Drupal Dunia lewat module-module ciptaannya. Pertemuan itulah yang membuat saya fokus belajar Drupal. Waktu itu versinya masih Drupal 5. Mungkin masa transisi antara Drupal 4 ke 5. Sehingga dalam perkembangannya saya suka dan full belajar Drupal 5. Ketertarikan saya menyebarkan virus Drupal saya abadikan dalam sebuah tulisan di IlmuKomputer.com lewat judul Membuat Website dengan CMS Drupal 8 tahun silam wkakwakwkaw.

Selama kurun waktu 2007-2008 itulah saya berkutat dengan Drupal, bahkan waktu itu entah pertengahan 2008 mungkin, Speedy Telkom bersama dengan Komunitas Blogger Kayuh Baimbai Kalimantan Selatan pernah mengadakan kompetisi Blog, Website dan Game Online di Duta Mall. Website made in Drupal saya akhirnya masuk final, meskipun akhirnya saya kalah akibat tidak siap bahan waktu final di Duta mall. Waktu itu saya pikir komputernya konek internet, eh ternyata stand alone, Mampuslah saya tidak siap dengan hiasan-hiasan gambar dan video wakwkakwkaw.

Drupal kemudian berkembang pesat, muncullah Drupal 7, muncul lagi module unggulan mereka Views and CCK yang kelewat canggih karena saya gagal menguasainya wakwkakw. Drupal pun waktu itu mentasbihkan diri bukan CMS lagi, melainkan FMS alias framework management System. Tingkatannya yang setengah tingkat lebih tinggi dari CMS itulah yang membuat saya gagal faham alias ketinggalan. Pada akhirnya kesulitan menemukan themes yang bagus jadi alasan terbesar saya berpisah dengan Drupal. Hingga hari ini, saya belum pernah menginstal Drupal kembali di hosting-hostingan saya.

bersambung nanti Joomla-nya ya..hehheehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *