Antara Saya, Blog dan Dunianya

KBHarie Insani Putra. Seseorang yang saya kenal dari blog di sekitar tahun 2007an. Seorang Blogger dari Kota Banjarbaru, seseorang yang saya tahu akhirnya jadi “ketua”nya Komunitas Blogger Kayuh Baimbai, komunitas blogger yang mungkin yang pertama di Kalimantan Selatan. Ah, waktu itu saya ingat alamat komunitas blogger nya masih pakai wordpress.com haahahahha.

Ah, indahnya masa lugu, belum pada canggih, belum tahu aggregator, bahkan untuk tampil di webblog nya kayuh baimbai, anda harus cukup terkenal biar tulisan di blog anda di copy paste ke webblognya kayuh baimbai.hahhahaa.
Hari ini, iseng saya search di google, harie insani putra, ternyata masih ada link blognya https://hariesaja.wordpress.com/ , dan tulisan terakhirnya tertanggal 31 Desember 2015, masih lumayan hidup ternyata hahaahha. Membuka blog beliau, terasa kembali ke masa lalu, masa jaman keemasannya dunia per-blog-ing an di Kalimantan Selatan. Hello coy, apa alamat blog kamu? begitulah sapaan pada jaman dulu, jaman sebelum ada PIN BB wkakwkaw.
Jaman dulu, ngeblog adalah menulis, ya sekedar menulis, menulis apa yang ingin ditulis, mau dibaca ataupun nggak oleh pengunjung-pengunjung kesasar pun gak masalah. Simpel. Seperti kata bijak yang saya cuplik dari blog nya Harie Insani Putra “Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna”Pramoedya Ananta Toer”.
Blog adalah rumah, ya sebuah rumah di dunia maya. Ada saatnya kita saling berkunjung, saling menyapa di blog lainnya, terserah kamu tersesat kemana dan karena apa, yang jelas mengunjungi blog-blog lain adalah sebuah rutinitas yang menyenangkan waktu itu, kamu tinggalakn komentar, dan tak berapa lama kalian akan merasa terhubung seperti sudah lama berteman, meski cuma bertetangga beda alamat IP. hahahhaa.
Tapi ya itu ketika dunia internet belum diserang oleh negara api, ya dulu air, tanah, udara semuanya punya ruang dan waktu sendiri. Kalau kamu mau email, minta tolonglah kepada Yahoo, kalau mau mencari sesuatu, silakan datang ke google, saat kamu butuh tempat narsis, Friendster tempatnya, dan kalau cuma pengen upload foto, ada flickr. Namun negara api menyerang tiba-tiba, FACEBOOK telah merubah dunia, para blogger yang biasanya menulis diblognya berubah menjadi menulis status di facebook, yang suka upload foto di flickr, tiba-tiba punya album di FACEBOOK, ahahahaha…
Dan pada bulan desember 2008, saya dikenalkan dengan yang namanya FACEBOOK oleh seseorang yang kemudian saya tahu adalah orang penting dalam dunia per-sastra-an Kalimantan Selatan (akan saya ceritakan dilain waktu), dan akhirnya saya bercerai dengan dunia per-blog-ing an.
Hari ini, 30 Maret 2016, saya nyatakan saya rujuk kembali dengan dunia blog-blog-an.

5 thoughts on “Antara Saya, Blog dan Dunianya

      1. Kalaulah kelak ada waktu, di luar hiruk pikuknya internet, semoga masih ada perjumpaan. Kembali ngeblog adalah pilihan yg sangat puitis; mengabdi pada kata. Sebagai pembaca, ulun akan belajar setia mengunjungi blog pian. Tak peduli bagaimana cara kau menuliskannya. Semoga ini bisa menjadi obat bagi ulun yang kesepian. #ehh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *