Kompatibel dalam pekerjaan

Kompatibel. Kata ini sangat menarik saat saya berbincang dengan salah satu pegawai disebelah kantor saya. Ternyata kompatibel bukan hanya cocok digunakan dalam suatu sistem komputer atau sistem operasi namun juga kedunia nyata khususnya dalam hal pekerjaan.sebuah kantor menurut beliau dapat diibaratkan sebuah sistem komputer. Setiap pegawai dan tata kerjanya adalah ibarat peripheral komputer beserta drivernya masing-masing sehingga dapat bekerja sama baik langsung ataupun tidak langsung berhubungan namun secara keseluruhan kerjanya adalah wujud dari kerjanya sebuah kantor.

Dalam satu kasus ada seorang pejabat baru yang dilantik dari skpd a ke skpd b. Ternyata tidak lama beliau mengundurkan diri dan memilih kembali ke jabatan semula. Padahal jabatan di skpd b adalah jabatan bergengsi dan basah.

Ini adalah salah satu gambaran jelas bahwa beliau tidak kompatibel dengn kantor tersebut. Ada ketidakcocokan antara sistem kerja beliau dengan sistem yang sudah berjalan di skpd tersebut. Entah karena beliau yang terlalu canggih atau skpd nya sudah lebih canggih.

Memang pada kenyataan nya seperti kita menginstal sebuah program ke komputer. Mungkin saja kalau photoshop cs 6 gak bakal jalan kalau kita instal di windows 98. Atau bisa juga program 8 bit tidak work kalau di instal di windows 10 64bit.

Seorang pegawai yang akan dipromosikan menjadi pejabat menurut beliau sudah di scan berkali- kali oleh pejabat diatasnya. Kalau dirasa sudah cocok dan kompatibel maka insya allah pegawai tersebut bakal dipromosikan. Lain cerita kalau sang pegawai yang kebelet pengen jadi pegawai, akibat pre instalation check nya kurang akhirnya malah not work alias terpental dengan sendirinya dari sebuah skpd.

Ya intinya bukan apa-apa hanya sekedar berkisah tentang kata “kompatibel” saja hahahhaha. (Di posting dari dalam bis from bandara soeta ke bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *